Seputar Peradilan

Bersahabat Dengan SIPANDEMI

Efisiensi dan efektivitas memiliki peran yang sama-sama penting dalam sebuah instansi, namun tentunya harus ditopang oleh Teknologi agar bisa menghasilkan kerja cerdas karena budaya kerja cerdas berbasis IT ataupun Non IT adalah sebuah keharusan agar mampu melahirkan pegawai kreatif yang mampu bekerja dengan cara berbeda dan baru.

Oleh karena itu, demi terwujudnya budaya kerja cerdas yang efektif dan efisien maka terciptalah SIPANDEMI. Apa itu SIPANDEMI? SIPANDEMI yang merupakan singkatan dari Aplikasi Penataan Naskah Dinas Elektronik Pengadilan Agama Sukabumi adalah aplikasi surat menyurat secara elektronik, baik itu disposisi surat masuk maupun permintaan nomor surat keluar.

 

Sipandemi 1

Berawal dari salah satu Pegawai Pengadilan Agama Sukabumi yaitu Ardi Pratama Riyadi (Pranata Komputer) yang mendapati bahwa di Pengadilan Agama Sukabumi terdapat masalah dalam hal administrasi register surat yang masih menggunakan cara manual (pencatatan pada buku register dan lembar disposisi), ia menyadari bahwa ada solusi untuk masalah tersebut yaitu dengan pembuatan aplikasi untuk administrasi surat masuk, disposisi surat dan surat keluar yang akan sangat bermanfaat bila diimplementasikan di Pengadilan Agama Sukabumi.

Sipandemi 4 copy

Ardi juga menuturkan bahwa dibuatnya SIPANDEMI bertujuan untuk mempermudah penanganan surat menyurat di Pengadilan Agama Sukabumi, agar dokumen surat  lebih terkendali serta agar disposisi surat lebih efektif dan efisien sehingga meminimalisir hilangnya dokumen juga ketika ada surat yang mendesak lebih cepat ditangani karena SIPANDEMI inipun terintegrasi dengan WhatsApp sehingga disposisi bisa langsung diteruskan kepada pejabat ataupun pegawai yang dituju.

Sipandemi 3

Dengan adanya SIPANDEMI, kini penanganan surat menyurat di Pengadilan Agama Sukabumi jauh lebih efektif dan efisien. Setiap Pegawai memiliki hak akses untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Sipandemi 2

(Dia)