Seputar Peradilan

Pembukaan Pelaksanaan Sidang Istbat Nikah Warga Kecamatan Cikole

image 750x 61c592c7b2ec8

 

Sukabumi Jumat 24/12/2021, di Ruang Tunggu Utama Sidang Pengadilan Agama Sukabumi, Dalam Rangka membantu masyarakat di Kecamatan Cikole Kota Sukabumi untuk mendapatkan identitas hukum pernikahan, Pengadilan Agama  Sukabumi, bekerjasama dengan pemerintah kecamatan Cikole, menggelar Sidang Isbat Nikah gratis untuk 10 pasangan suami-istri, yang dihadiri oleh Kepala KUA Kecamatan Cikole, Lurah Cisarua dan Perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sukabumi.

IMG 9656

Ketua Pengadilan Agama Sukabumi, Bapak Djulia Herjanara, S.Ag.,S.H.,M.H. mengatakan, bahwa sidang Isbat Nikah yang akan digelar merupakan, upaya Pengadilan Agama Sukabumi untuk membantu pemerintah dan masyarakat tidak mampu yang ingin mendapatkan legalitas pernikahan. dengan digelarnya isbat nikah ini, menjadi pemacu kecamatan lain untuk membantu Pasutri yang belum memiliki Akta Nikah dalam rangka penertiban identitas hukum pernikahaan yang menjadi salah satu syarat mengurus administrasi kependudukan dan melindungi hak-hak anak dan pasangannya.

IMG 9691

Bahwa identitas hukum pernikahan sangat penting dimiliki oleh setiap pasangan yang ada di Kota Sukabumi. Karena akta nikah atau buku nikah menjadi salah satu prasyarat yang harus dimiliki oleh pasangan untuk mengurusi segala bentuk administrasi kependudukan lainnya. Selain kepengurusan Adminduk, Akta Nikah juga menjadi salah satu landasan hukum untuk melindungi hak-hak Anak dan istri dari Pasangan Suami Istri tersebut, misalnya soal Hak waris anak, fasilitas jaminan kesehatan dan banyak fungsi lainnya.

IMG 9663

Dengan kegiatan ini, kami berharap bisa menjadi contoh bagi kecamatan lainya dalam rangka penertiban legalitas hukum perkawinan bagi pasangan suami istri yang masuk dalam kategori tidak mampu.

Sementara itu, Camat Cikole Kota Sukabumi, Ibu Fitrya Kusnaningsih, sangat mengapresiasi dengan langkah Pengadilan Agama Kota Sukabumi, yang membantu masyarakat tidak mampu di wilayahnya untuk mendapatkan akta nikah, dengan adanya kegiatan sidang isbat nikah ini, bisa menjadi pilot projek percepatan masyarakat mendapatkan identitas hukum perkawinan. kwai.id