Seputar Peradilan

WEBINAR NASIONAL EKONOMI SYARIAH

Sukabumi-Bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Sukabumi, hari rabu, tanggal 26 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB, Dasar acara tersebut adalah Surat Undangan dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor: 3019/DJA/HM.00/8/2020, tanggal 24 Agustus 2020. Acara webinar nasional ekonomi syariah merupakan bekerjasama antara Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) Mahkamah Agung RI, Pengadilan Tinggi Agama (PTA) DKI Jakarta dengan Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Acara dibuka oleh Yang Mulia, Wakil Presiden RI, Bapak Prof. Dr. Ma'ruf Amin, dalam sambutannya beliau sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada Ditjen Badilag yang telah mengadakan acara ini. Sambutan dari Yang Mulia, Ketua Mahkamah Agung RI, Bapak Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H., menyampaikan harapan agar Hakim Pengadilan Agama selalu meningkatkan kemampuan dalam menangani perkara ekonomi syariah karena sudah menjadi kewenangannya sesuai Undang-undang (UU) nomor 3 tahun 2006.

Ada lima Narasumber yang memaparkan materi berkaitan dengan ekonomi syariah, yaitu :
1. Yang Mulia, Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. dengan judul makalah "Problematika Eksekusi Putusan Ekonomi Syariah".
 
2. Yang Terhormat, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., dengan judul makalah "Kepailitan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah". Diakhir pemaparannya beliau mengusulkan agar masalah kepailitan syariah ini menjadi kompetensi absolut Pengadilan Agama.

3. Yang Terhormat, Prof. Dr. H.M. Harta Ali, S.H., M.H., dengan judul makalah "Peranan Lembaga Peradilan Dalam Mengembangkan Ekonomi Syariah Di Indonesia". Menurutnya, sistem yang dibangun saat ini telah memberikan arah yang tepat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah.

4. Yang Terhormat, Prof. Jauh Mubarak, dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), dengan judul makalah "Dinamika Fatwa Sebagai Sumber Hukum Regulasi Ekonomi Syariah Dan Penyelesaian Sengketanya". 
 
5. Yang Terhormat, Dr. Setiawan Budi Utomo, dari Otoritas Jasa Keuangan, dengan judul makalah "Grand Design Regulasi Ekonomi Syariah Di Indonesia".
 
Acara webinar nasional ekonomi syariah ditutup oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. (@amr).
 
Berikut foto-foto kegiatan:
20200826 225929 20200826 230039 20200826 231700