Seputar Peradilan

LOGO PA SUKABUMI.jpg

RELOKASI RUANGAN PA SUKABUMI

Sukabumi-Ketua Pengadilan Agama Sukabumi, Drs. Amril Mawardi, S.H., M.H., melakukan relokasi ruangan PA Sukabumi dengan tujuan utama memperluas space ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) agar memberi kenyamanan untuk para pihak dan petugas PTSP itu sendiri. Selama ini ruangan PTSP PA Sukabumi terdiri 5 meja, dan 5 petugas, yakni Meja Informasi & Pengaduan, Meja Pendaftaran, Meja Produk Pengadilan, Meja Kasir, dan Meja Pojok E-Court. Space untuk para pihak duduk terlayani oleh masing-masing petugas PTSP pun hanya seluas kursi dengan jarak satu sama lain kurang dari 1 (satu) meter (tidak layak/tidak sesuai protokol kesehatan). Dengan relokasi ruangan, maka membuat para pihak dan petugas PTSP dapat bernapas lebih baik karena jarak antar orang sudah sesuai protokol kesehatan, dan jumlah meja beserta petugasnya pun bertambah menjadi 7 meja, dan 7 petugas, yakni Meja Informasi & Pengaduan, Meja Pendaftaran, Meja Produk Pengadilan, Meja Kasir, Meja Bank/Pos, Meja Posbakum, dan Meja Pojok E-Court. Pelaksanaan relokasi ruangan secara simbolis dibuka oleh Bapak Ketua PA Sukabumi dengan menggulungkan lengan kemejanya sampai ke siku. Selasa siang (26/05/2020).

Gedung kantor Pengadilan Agama Sukabumi belum representatif sesuai prototipe Mahkamah Agung. Bangunan kantor PA Sukabumi membentuk huruf "L" teridiri dari 15 (lima belas) ruangan dengan 2 (dua) lantai, dengan memperhatikan keadaan tersebut sangat sulit bahkan mustahil melakukan relokasi ruangan, namun motivasi dan komitmen bersama para pegawai dengan dukungan penuh pimpinan PA Sukabumi, maka relokasi ruangan adalah suatu keniscayaan. Strategi yang dipakai me-relokasi ruangan seperti bermain puzzle, satu ruangan dikosongkan agar bisa diisi dengan ruang yang baru. Alur relokasi ruangan adalah sebagai berikut: 1. Mediasi ---> Posbakum; 2. Media Center ---> Mediasi; 3. Perpustakaan ---> Media Center; 4. Sekretaris ---> Perpustakaan; 5. Arsip --->Sekretaris; 6. Kasubbag ---> Arsip; 7. Bendahara ---> Juru Sita; 8. Kepaniteraan ---> Kesekretariatan; 9. PTSP meluas space-nya menampung 7 (tujuh) meja layanan, dan 15 (lima belas) orang pengunjung. (Dq).

Berikut foto-foto kegiatan: