Seputar Peradilan

LOGO PA SUKABUMI.jpg

SILATURAHMI/AUDIENSI 3 (TIGA) PILAR PIMPINAN PA SUKABUMI DENGAN WALIKOTA SUKABUMI

Sukabumi-Walaupun sangat sibuk sekali dalam penanganan pencegahan penyebaran virus covid-19 di wilayah Kota Sukabumi, Bapak H. Achmad Fahmi sebagai Walikota Sukabumi masih menyempatkan untuk menerima kedatangan rombongan pimpinan Pengadilan Agama Sukabumi yang dikomandoi oleh Ketua Pengadilan Agama Sukabumi, Drs. Amril Mawardi, S.H., M.H.

Silaturahmi/audiensi 3 (tiga) pilar pimpinan Pengadilan Agama Sukabumi dengan Walikota Sukabumi pada hari, Kamis, tanggal, 16 April 2010 adalah Drs. Amril Mawardi, S.H., M.H. (Ketua), M. Gugud, S.H.I. (Sekretaris), dan Tuti Irianti, S.Sy. (Pelaksana Tugas Panitera). Ketua PA Sukabumi mengawali pertemuan dengan menyampaikan maksud kedatangannya dalam audiensi ini, di samping memperkenalkan diri sebagai Ketua PA Sukabumi yang baru, juga menjelaskan beberapa poin penting kebijakan yang telah dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Sukabumi dalam memberikan pelayanan kepada masyrakat agar tetap dapat terlayani dengan baik di masa pencegahan penyebaran Covid-19 adalah sebagai berikut, yaitu:

Pertama, beliau menjelaskan bahwa rencana sidang itsbat nikah massal dalam rangka hari ulang tahun Kota Sukabumi yang Ke-106 yang awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2020 (serentak disidangkan dalam 1 hari), akan tetapi karena situasi dan kondisi yang tidak membolehkan terjadinya kerumunan warga pada satu tempat maka, terpaksa harus ditunda dan dimundurkan jadualnya, dan dilaksanakan dalam persidangan secara reguler yaitu, pada tanggal 14, 16 dan 20 April 2020.

Kedua, pada kesempatan itu juga beliau menjelaskan bahwa selama masa darurat covid-19 ini, pendaftaran perkara dan persidangan di PA Sukabumi dilaksanakan secara online (e-court, dan e-litigasi) untuk menghindari kontak langsung para pegawai PA Sukabumi dengan para pencari keadilan. Dengan rasa penasaran, Walikota Sukabumi juga menanyakan kesiapan Pengadilan Agama Sukabumi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja. Secara rinci Ketua PA Sukabumi menjelaskan langkah-langkah yang sudah dilakukan di PA Sukabumi, mulai dari penyediaan alat ukur suhu tubuh (Thermal Gun), penyediaan tempat cuci tangan, dan penyediaan hand sanitizer di pintu masuk kantor, dan ruang sidang. Selanjutnya, penyediaan masker, kursi ruang tunggu yang berjarak, pembatasan pihak dan pengunjung masuk ruang sidang, bahkan juga telah dilakukan sosialisasi oleh Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dan penyemprotan desinfektan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi. Walikota Sukabumi merasa senang dan puas mendengarkan penjelasan Ketua PA Sukabumi terkait penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 di PA Sukabumi. Atas aksi berbagai instansi negeri/swasta, dan elemen masyarakat Kota Sukabumi dalam mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungannya masing-masing, Walikota Sukabumi secara refleks mengekspresikan kesedihannya dengan ironi yang ada bahwa, kenyataan di lapangan masih banyak warganya yang kurang peduli dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

Ketiga, Ketua PA Sukabumi juga menyampaikan bahwa PA Sukabumi sudah memiliki tanah seluas 6000 meter di area Jalan Lingkar Selatan Sukabumi sejak tahun 2012, dan sampai sekarang tanah tersebut belum dibangun apa-apa bahkan pagar pembatas permanen yang layak pun tidak ada hanya kawat duri (masih tanah kosong), sedangkan kondisi kantor PA Sukabumi yang sekarang terletak di Jalan Taman Bahagia Nomor 19 sudah tidak memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut dan jumlah perkara yang masuk ke PA Sukabumi semakin meningkat tiap tahunnya sehingga membutuhkan fasilitas kantor yang memadai.

Merespon paparan Ketua PA Sukabumi tersebut, Walikota Sukabumi menyampaikan apabila anggaran daerah kota Sukabumi memungkinkan untuk membantu pembangunan PA Sukabumi yang baru maka akan dibicarakan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi terutama dengan DPRD Kota Sukabumi. Mudah-mudahan Pemerintah Kota Sukabumi dapat memberikan kontribusi dalam hal fasilitas untuk PA Sukabumi.

Di penghujung pertemuan silaturahmi/audiensi ini, Walikota Sukabumi menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran PA Sukabumi yang telah membantu Pemerintah Kota Sukabumi dan masyarakat Kota Sukabumi terutama dalam pelayanan dalam bidang hukum sehingga tercipta ketertiban hukum terutama hukum keluarga. Akhirnya pertemuan diakhiri dengan foto bersama Walikota Sukabumi dengan 3 (tiga) pilar pimpinan PA Sukabumi. (@m)

Berikut foto-foto kegiatan: